Rabu, 14 September 2011

STOP ! TELAPAK KAKI TIDAK SEHAT


Wanita Indonesia belum memperhatikan kesehatan dan kecantikan telapak kakinya. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh team For Her Jawa Pos telapak kaki wanita usia 19-63 mengalami Psoriasis (keadaan dimana telapak kaki pecah-pecah dan terkelupas) sebanyak 72,63% dari 100 responden di wilayah surabaya. Itu artinya 7 dari 10 wanita Surabaya belum memperhatikan kecantikan dan kesehatan kulit kakinya.
Tiga alasan tertinggi menyebutkan bahwa, kaum hawa tidak peduli merawat kaki dengan baik karena kaki adalah bagian yang tidak terlihat oleh mata (37.69%). Kedua, Tidak mengetahui cara menyembuhkannya (19.27%). Dan  ketiga, tidak ada waktu merawat kaki (15.67%).
Penyakit kaki yang dialami responden mulai dari yang biasa hingga yang akut. Penyakit kaki yang disebabkan Infeksi jamur dermatofit (tinea pedis), infeksi ini biasa terjangkit pada seseorang memiliki gaya hidup aktif sehari-hari. Tidak hanya menyerang telapak kaki pria, tetapi juga wanita. Gejala yang ditimbulkan, kulit menebal dan bersisik, kemerahan dan melempuh.
Kedua, jamur kuku kaki (onychomycosis) jamur ini dapat menghancurkan ataumengubah bentuk kuku kaki. Penyebab jamurnya trichopyton rubrum, trychopyton mentagrophytes. Penyakit ini disebabkan penggunaan alas kaki yang lembab. Selain itu penggunaan cat kuku yang berlapis-lapis. Bahaya bagi penderita HIV dan diabetes karena rentan menular. Gejala yang dapat diamati dari penyakit ini adalah kuku menguning, warna gelap, menebal dan mudah rusak.
Ketiga, tumit pecah-pecah. Tumit pecah-pecah disebabkan sering kontak dengan zat atau suasana dan suhu tertentu, yang secara otomotis (self recovery) kulit akan membentuk lapisan kuit pelindung (zat tanduk). Ketika kulit membentuk lapisan pelindung, disaat itulah kulit kontak dengan kotoran yang menyebabkan debu dan kotoran lainnya masuk kesela-sela kulit hingga terkesan pecah-pecah. Tumit pecah-pecah yang akut akan menyebabkan infeksi.
Bagi ladies yang tumitnya pecah-pecah, jangan khawatir karana bisa diatasi dengan berbagai cara tradisional. Tindakan preventif tumit pecah-pecah adalah dengan menghilangkan kotoran kaki dan juga menjaga kelembaban kaki menggunakan lotion kaki. Secara tradisional, perawatan ini dapat dilakukan dengan getah pepaya dan air daun sirih.
Kebersihan kaki akan menambah pesona kecantikan. Kecantikan kaki wanita akan memberikan nilai plus bagi yang memandang. So, ladies jangan lupa merawat kaki sejak dini adalah tindakan preventif terbaik agar terlihat cantik dari ujung kaki hingga ujung rambut./drn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar